Accu Kering atau ada juga yang
menyebutnya MF battery (Maintenance Free Battery) dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid
Battery (VRLA)
mulai diperkenalkan pada konsumen Honda di Indonesia pada saat AHMmengeluarkan type
KARISMA dan KIRANA, kenapa dipilih accu jenis MF Battery, selain karena anti tumpah
battery ini banyak kelebihannya dibandingkan battery konvensional.
Apa kelebihan battery
ini? MF tahan lama dan cranking performance-nya tinggi karena menggunakan
separator khusus dan grid yang tahan korosi, kemurniannya tinggi
sehingga tahanan dalam battery rendah yang menghasilkanperformance tinggi
dan self discharge yang lebih rendah.
Pada kondisi normal (sistem
pengisian kendaraan normal) tidak ada penguapan karena gas yang timbul diserap
olehplate negative, apabila kondisi system pengisian tidak normal dan sering
terjadi over charge akan ada penguapan dan akan mengakibatkan battery
jadi rusak. Pada kondisi normal umur battery bisa mencapai 2 – 3 tahun dengan
catatan pemakaian beban listrik sepeda motor tidak berlebih dan sepeda motor
setiap hari minimal kalau tidak dipakai dipanaskan , karena battery bisa drop (Soak)
apabila sepeda motor tidak dihidupkan berhari-hari (tidak ada pengisian).
Sekedar tips apabila membeli battery type MF
perhatikan kode angka pada bagian kanan atas battery, kode ini adalah kode
charge misalnya 15.9.8 artinya tanggal 15 bulan 9 tahun 2008.
Apabila anda membeli yang kode chargenya lebih dari 4 bulan dari tanggal
anda membeli atau tegangan batterynya kurang dari 12,4 V lakukan charging terlebih
dahulu sebelum dipasang.
Untuk membuat aki berumur panjang, apapun mereknya
tetap harus didukung perawatan dan pengisian (charge) yang baik. Baik aki
basah atau kering alias Maintenance Free (MF) yang sekarang banyak dipakai di
motor keluaran baru.
Mengingat harga yang cukup menguras kocek, diperlukan trik
khusus agar aki makin awet dan enggak bikin masalah. Dan cara paling mudah agar
setrum aki tidak tekor, setelah motor dinyalakan dengan motor starter yang
menyerap arus hingga 400-500 watt, baiknya mesin tetap dihidupkan kira-kira 15
menit.
Paling penting lagi, kalau sekali starter tidak mau hidup,
jangan coba ditekan terus-menerus saklar starternya. Dilepas dulu sampai
sekitar 5 detik, baru kemudian tekan lagi. Memberikan jeda 5 detik agar supaya
aki stabil dulu. Bila sudah hidup, lebih baik segera dipakai jalan, bukan didiamkan
di tempat. Di kurun waktu itu setrum yang telah dipakai akan kembali terisi.
Sebaliknya, aki sering dipakai buat menstarter namun motor sulit hidup atau hanya dinyalakan sesaat. Setrum yang tersedia di aki akan berkurang sebesar watt yang telah dipakai. Bila sering dilakukan, jangan heran kalau aki malah menjadi cepat tekor dan sulit menghidupkan mesin. Kalau sudah begitu, harus segera discharge biar gak soak.
Izin pinjem gambarnya ya om. :D
BalasHapussalam kenal
www.radityapradana.tk
saya mau tanya aki kering saya setelah di isi dg air zuur dan saya charge dengan adaptor yg d pasaran dengan teg 12 v amper 0,7 saya charge hampir 24 jam saat di charge tegangan 12/11 v setelah charge d cabut drop tegangan menjadi 7 volt apa yg salah ya padahal saat di charge muncul kyk gelembung2 udara mohon petunjuk
BalasHapusaki gs vario ngak awet belum ada setahun udah mati,setelah pakai yuasa 2 thn
BalasHapuswoww.. infonya sangat membantu gan!! trims!!
BalasHapusMohon pencerahan para suhu aki, apakah di pakai aki kering motor ke sepeda listrik?
BalasHapusMohon pencerahan para suhu aki, apakah di pakai aki kering motor ke sepeda listrik?
BalasHapus